teknik pengelolaan laboraturium


TEKHNIK PENGELOLAAN LABORATORIUM
1.Pendahuluan
Laboratorium merupakan tempat untuk  melakukan percobaan dan penyelidikan , yang berupa bangunan ruang dan perlengkapan.
3.Tata letak dan tata ruang laboratorium
Lokasi laboratotium yang harus dipertimbangka
      a. Segi lingkungan
      b. Segi pengajaran
      c. Segi keamanan
1.Dari segi lingkungan
Ditengah ruang ruang kelas ,terdapat cahaya mata hari. menghadap utara dan  selatan  Tidak terletak diarah mata angin  Jauh dari sumber air. Mempunyai saluran pembuangan sendiri, Jauh dari bangunan lain, Mudah terkontrol
2. Dari segi pengajaran
harus mudah ditinjau secara cepat oleh siswa
3. Dari segi keamanan
 mudah diawasi Ukuran laboratorium  Kira- kira 100 m2 (digunakan 40 siswa).  Ruang penyimpanan  dan gudang  20 m2 sebaiknya ukuran ruang  90m2, lebar 8-9 m dan panjag 22-12m. Sebaiknya diberi  selasar sekitar 20% dari luas seluruhnya .
sunan ruang laboratorium disediakan gudang, ruang persiapan.ruang  demonstran, ruang pratikum siswa
Ket : luas ruangan
        Ruang pratikum     : 79.20 m2
        Ruang pendukung :  22 M2
        Jumlah                   : 101.20 m2
        Selasar     20%      :  22.7 m2
        Luas total               :  123.90m2
Laboratorium  biologi harus mempunyai sebidang tanah untuk kebun sekolah yang dekat dengan laboratorium       
4. Membangun  laboratorium
 Jenis laboratorium misalnya
lab : fisika,biologi, kmia, IPBA.
 1.Ditingkat SMP diintegrasikan menjadi sain      terpdau, dengan alasan siswa dapat melihat sain sebagai satu kesatuan dan dapat berhubungan langsung dengan masarakat pada bidang sosial,lingkungan, teknologi.
 2.Banyak nya kelas yang digunakan.Kurikulum  jmlh jam, lamanya gedung
Langkah – langkah penentuan jumlah laboratorium untuk satu sekolah
Ø  Tentukan jml jam pelajaran sain(m=36jp)
Ø  Tentukan jumlah pertemuan( N=24)
Ø  Dari 1&2 tentukan jlh jp seluruhnya   ( m + n)jp = 60jp
Ø  Tentukan jlh jp perminggu untuk tiap lab namakan o = 36 jp
        jika x ruang laboratorium jadi jmlh jp dalam seminggu  xo >(m+n) atau > (m+n)/o, dibulatkan    .
Jenis ruang yang diperlukan terdiri dari

 1. Ruang laboratoriumm siswa
 2. Ruang kerja dan persiapan guru
 3. Ruang penyimpanan  alat dan bahan
 4. Ruang perpustakaan dan komputer
 5. Benkel dan ruang teknesi lab
 6. Ruang tempat pribadi siswa


1.       Bentuk ruang siswa yakni bujur sangkar ,Luas ruang sisw  untuk 1 orang 3 -3,5 m2.
2.        Desain ruang dan keselamatan keadaan ruang siswa harus terlihat semua Harus ada meja demonstran
3.       Lantai tidak boleh licin
4.       Alat  yang dipasang tidak boleh menonjol
5.       Jendela harus dapat dibuka dan ditutup
6.       Pintu harus dibuka keluar
7.       Ruang harus mempunyai ventilasi
8.       Saluran listrik,gas,dan air harus mempunyai  saklar atau kran pusat
9.        Harus mempunyai alat pemadam kebakaran
10.    Harus mempunyai kotak PPPK
11.   Ruang kerja dan persiapan guru
12.   Harus terpisah dari ruang kerja siswa
13.   guru harus mencoba dulu percobaan yang akan dilakukannya dihadapan siswa.
14.   guru harus memeriksa keadaan alat
15.   Ruang menyimpan alat dan bahan Mudah ditemukan
16.   Tidak membahayakan pemakai dan alat itu  sendiri
17.    Alat yang sering dipakai dan tidk berbahaya disimpan dilemari siswa.
5. Perlengkapan laboratorium
     Mengelompokkan alat dan  bahan biologi Alat optik, alat-alat wadah dari kaca,dari porselen,plastik,alat-alat bantu,alat-alat  bedah dan pengerat, alat peraga dan model, alat ukur,alat penopang/penumpu  alat pemanas,alat utk kegiatan lapangan,Bahan kimia untuk biologi Ruang perpustakaan Acuan dan Komputer  berukuran 2 * 3 = 6m2
6. Bengkel dan Ruang Tekhnesi untuk Laboratorium
 Ruang tempat menyimpan tas dan barang  barang pribadi lain siswa dekat pintu masuk Prabot untuk laboratorium
 1. Meja kerja siswa tinggi 80cm dengan  lebar 60cm, panjang 120cm sebaiknya di buat rak untuk menyimpan buku dan dibuat dengan bahan yang tahan korosif,meja harus bebas dari zat ferromagnetik seperti besi dan baja
 2. Tempat Duduk siswa tidak boleh terbuat dari besi dan baja
 3. Meja demonstran berukuran 200-300cm lebar 89-90cm ,dipasang soket jalan( stop kontak 6 A pada 220V ,jarak 2m dari siswa
4.   Meja kerja siswa
5.   Lemari alat bahan
6.   Laci meja
7.   Rak
8.   Panggung
9.   Papan tulis
10. Pasilitas khusus( lemari asap,pancuran  hujan(showerad)
11. Ventilasi
12. Wadah limbah, wadahsampah
13.Sarana lain :stasiun pelayanan , Air,Listrik,saklar pusat, Pemanas dan gas, Penerangan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.